10 Kiat Sukses Interview Kerja

Beberapa persiapan bagaimana cara menghadapi interview kerja sudah kita bahas pada postingan sebelumnya. Di sesi ini, ada beberapa kiat sukses interview kerja saat kamu melaksanakan sebuah wawancara kerja diperusahaan yang kamu lamar.

10 Kiat Sukses Interview Kerja

Selain di lihat dari cara berpakaian seseorang saat interview kerja, beberapa kiat sukses interview kerja ini sangat penting bagi kamu untuk diperhatikan agar tidak gegabah ketika memasuki ruang interview saat pertama kalinya.

Untuk persiapan cara berpakaian interview kerja baik bagi pria maupun bagi wanita, kamu bisa membaca sekilas mengenai jenis pakaian apa saja yang cocok untuk interview kerja pada postingan:

Beberapa penelitian menyarankan bahwa kesan pertama saat interview kerja terjadi sesaat saja (beberapa menit diawal). Bila kesan pertama ini mendapatkan perhatian si pewawancara, maka satu langkah sukses sudah ditangan kamu dalam berinteraksi selanjutnya termasuk pertanyaan-pertanyaan interview kerja yang akan ditanya oleh si pewawancara.

Untuk menciptakan kesan pertama saat memasuki ruang interview kerja sangat penting. Oleh karenya, kamu jangan sampai terlepas 10 kiat sukses interview kerja yang akan kita bahas dibawah ini. Apa saja yang harus kamu lakukan ketika memasuki atau pada saat berbicara di ruang interview.

1# Tersenyum

Tersenyum itu tidak sulit tapi sering kali hal yang satu ini diabaikan oleh peserta interview. Pastikan kamu menunjukkan senyuman yang paling manis dan natural (artinya senyumlah dari dalam hati dengan sungguh-sungguh) dan jangan dibuat-buat (berlebihan) karena senyum yang dibuat-buat pasti terasa terhadap lawan bicara kamu.

Senyuman kamu akan mengubah suasana garing di ruang interview kerja dan ini merupakan kesan pertama yang harus memenangkan hati seorang interviewer (si pewawancara)

2# Berjabat tangan dengan rasa percaya diri

Jangan sungkan-sungkan (ragu-ragu) ketika kamu berjabat tangan dengan si pewawancara dan pastikan kamu berjabat tangan dengan rasa percaya diri dengan posisi telapak tangan yang erat terhadap si interviewer (kondisional).

3# Perkenalkan diri Anda

Sesi ini biasanya akan masuk ke sesi pertanyaan interview pada pertanyaan pertama kali di tanya ketika sudah memulai interview kerja. Topik ini sudah dibawas pada postingan Pertanyaan Interview Kerja di Bank.

4# Bicara dengan tegas (tepat)

Poin ini merupakan salah satu kiat sukses interview kerja saat melaksanakan wawancara kerja. Pastikan kamu berbicara dengan tegas dan tidak ngelantur atau bertele-tele. Bicarakanlah poin-poin yang harus kamu sampaikan dengan rasa percaya diri dan meyakinkan si pewawancara bahwa apa yang kamu katakan adalah benar adanya.

5# Bersikap sopan

Bersikap sopan dan santun adalah hal yang mutlak saat wawancara kerja karena kamu sedang menawarkan diri menjadi seorang yang dipercaya dan bekerja disebuah perusahaan tersebut. Sopanlah berbicara dari pemilihan gaya bahasa, ucapan dan bahasa tubuh yang akan kamu tunjukkan saat berbicara dengan lawan bicara kamu.

6# Hindari bersikap lucu

Biarpun kamu orangnya lucu atau pelawak, hindari menunjukkan suasana itu karena kamu sedang berhadapan dengan interview kerja (kegiatan formal) dan kalau kamu menunjukkan atau melucu, hal itu bisa jadi bumerang buat kamu. Kamu disana untuk bekerja dan belajar dan pasti ada waktu yang tepat untuk melucu suatu saat nanti.

7# Sikap bersemangat

Kamu harus menunjukkan pribadi yang bersemangat saat interview kerja. Berpikirlah positif bahwa kamu pasti diterima (seakan-akan kamu sudah diterima) untuk bekerja di perusahaan tersebut dan kamu menunjukkan suasana yang bersemangat di depan si pewawancara.

8# Jangan membuat alasan

Sebagai contoh, apabila kamu pas interview datang terlambat, jangan pernah memberi alasan atau membuat alasan, apapun itu. Karena orang yang suka beralasan adalah orang yang selalu membela diri dalam segala hal. Yang perlu kamu lakukan saat itu adalah minta maaf. Itu saja!

9# Hadirlah tepat waktu

Hadir tepat waktu bahkan hadir 30 menit sebelum interview merupakan tanda keseriusan orang dalam mendapatkan sesuatu. Hadirlah sebelum wawancara kerja dimulai karena kamu sedang menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu dan orang yang selalu tepat waktu dalam melakukan apapun.

10# Say thanks

Di sesi terakhir wawancara kerja, pastikan kamu mengucapkan terima kasih dan berjabat tangan (apabila memungkinkan saat itu) dengan si pewawancara dan tetap memiliki sikap hati yang baik saat keluar dari ruang interview kerja.

Sukses selalu bagi kamu yang sedang persiapan wawancara kerja.

Foto: careerpathsnw.com
Ref: wikijob.co.uk

10 Kiat Sukses Interview Kerja
5 (100%) 2 votes
Let's share this

Update terakhir: 12 Maret 2018

Tinggalkan Balasan