Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Seperti apa itu contoh surat lamaran kerja CPNS? Apakah sama dengan contoh surat lamaran kerja yang lainnya seperti ketika kamu melamar disebuah perusahaan perbankan, perusahaan BUMN atau perusahaan swasta.

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Kita akan melihat contoh surat lamaran kerja CPNS atau ketika kamu melamar pekerjaan di instansi pemerintah seperti lembaga, instansi, kementerian sebagai status PNS (Pegawai Negeri Sipil).

CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) merupakan momen yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Penerimaan CPNS inipun sangat ketat dengan perbandingan antara pelamar dan formasi yang dibuka bisa berbading 1:1000 bahkan lebih.

Kita tidak sedang membahas proses rekrutmen CPNS itu sendiri tapi kita akan melihat contoh surat lamaran kerja CPNS yang sering dipakai sebagai surat resmi dalam melamar pekerjaan sebagai calon pegawai negeri sipil pada sebuah instansi pemerintah atau kementerian.

Pembahasan sebelumnya, kita telah memaparkan contoh surat lamaran kerja lewat email yang dapat kamu baca pada postingan di website tipsinterview.net ini. Surat lamaran adalah surat resmi yang ditujukan kepada sebuah perusahaan/instansi dengan tujuan untuk mengajukan diri sebagai pekerja atau dalam hal PNS adalah abdi negara.

Isi surat lamaran itu sendiri tidak jauh berbeda dengan contoh surat lamaran kerja yang ditujukan pada sebuah perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah atau BUMN. Isinya adalah tentang sekilas data diri, tujuan membuat surat, sumber informasi lowongan kerja dan lampiran yang berisi dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, pas foto dan dokumen pendukung lainnya.

Dalam hal melamar kerja sebagai abdi negara, kita akan melihat susunan dalam contoh surat lamaran kerja CPNS berikut ini:

1# Tanggal pembuatan surat lamaran kerja

Sertakan tanggal kapan kamu membuat surat lamaran kerja tersebut yang terletak pada posisi kanan atas dalam sebuah surat lamaran kamu.

Jakarta, 22 September 2017

2# Alamat tujuan surat lamaran

Dalam hal menulis surat lamaran kerja sebagai CPNS yang ditujukan ke instansi atau kementerian terkait, cukup dengan menuliskan nama lembaga atau kementerian tersebut.

Yth. Menteri Keuangan RI
Di  –
Jakarta

3# Pengantar yang berisi biodata pribadi

Kata pengantar disini tidak berbentuk paragraf dan cukup dengan tulisan “Saya yang bertanda tangan di bawah ini” disertai dengan biodata lengkap si pelamar.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Darwin Soraya, S.E.
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 12 Maret 1993
Jenis kelamin: Wanita
Pendidikan: Sarjana (S1) Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia (UI)
Wilayah Pendaftaran: Kantor Wilayah Kementerian Keuangan RI Pusat Jakarta
Jabatan yang dilamar: Analisis Kebijakan APBN
Alamat Domisili: Jl. Keuangan Blok A2 No. 15B, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

4# Pernyataan dan lampiran

Isi dalam surat lamaran selanjutnya adalah pernyataan sebagai peserta untuk melamar sebagai CPNS dengan melampirkan dokumen terkait dalam proses seleksi CPNS di Kementerian Keuangan.

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2017. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,- ditujukan Kepada Menteri Keuangan RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan*
  3. Fotokopi Surat Keterangan Domisili
  4. Soft file hasil scan Ijazah
  5. Soft file hasil scan Transkrip Nilai
  6. Soft file hasil scan ijazah SD, SMP/SLTP dan SLTA
  7. dsb (sesuai persyaratan Kementerian Keuangan)

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya lampirkan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, saya bersedia menerima keputusan panitia rekrutmen membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2017. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

5# Penutup

Penutup disertai dengan tanda tangan diatas materai dengan nama terang.

Hormat saya,

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
(Darwin Soraya S.E.)

Apabila ada catatan, dapat disertakan pada surat lamaran tersebut pada bagian bawah sebelah kiri. Pastikan penulisan gelar adalah benar. Penulisan gelar seperti Darwin Soraya, SE (salah), Darwin Soraya S.E. (benar) atau Darwin Soraya SH, MM (salah), Darwin Soraya S.H., M.M. (benar).

Susunan biodata diatas tadi belum rapi dikarenakan ditulis pada blog ini, apabila dibuat kedalam surat lamaran format doc (word) diatas, maka gambarannya seperti berikut ini:

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Semoga dalam waktu dekat ini ada lagi rekrutmen CPNS terbaru sehingga bagi kamu yang sedang menunggu informasi penerimaan CPNS dapat melayangkan lamarannya serta terwujud setiap impian untuk menjadi abdi negara (Aparatur Sipil Negara).

Note: Semua data-data pada contoh surat lamaran kerja CPNS diatas seperti nama, tanda tangan, materai (sample) dan lainnya adalah fiktif dan hanya sebagai contoh saja.

Contoh surat lamaran kerja CPNS diatas sebagai referensi saja dan mungkin berbeda pada setiap instansi karena ada yang langsung melakukan registrasi lewat online, persyaratan pada contoh diatas juga tergantung dari instansi yang sedang membuka lowongan kerja.

Foto: shutterstock

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
5 (100%) 1 vote
Let's share this

Update terakhir: 29 Maret 2018

Tinggalkan Balasan